Sabtu, 04 April 2015

perkembangan keperawatan PPNI

A.    Perkembangan Profesi Keperawatan
  1.      Perkembangan Profesi Keperawatan 




   a.       Di Luar Negeri
1)      Internasional Council of Nurses (ICN)
Merupakan organisasi professional pertama di dunia.Organisasi ini didirikan pada tanggal 1 Juli 1989 yang merupakan federasi perhimpunan perawat nasional di seluruh dunia. Tujuan ICN yaitu memperkokoh silaturahmi para perawat dari seluruh dunia, memberi kesempatan bertemu bagi perawat di seluruh dunia untuk membicarakan berbagai masalah tentang keperawatan, menjunjung tinggi peraturan dalam ICN agar dapat mencapai kemajuan dalam pelayanan, pendidikan keperawatan dan kode etik keperawatan.
Merupakan organisasi profesi perawat di Amerika Serikat, yang didirikan pada akhir tahun 1800 yang anggotanya terdiri dari organisasi perawat dan Negara – Negara bagian. ANA berperan dalam menetapkan standar praktik keperawatan, melakukan penelitian untuk meningkatkan mutu  pelayanan keperawatan, serta menampilkan profil keperawatan professional dengan memberlakukan legislasi keperawatan.
3)      British Nurses Association (BNA)
Merupakan organisasi profesi perawat di Inggris yang didirikan pada tahun 1887.BNA bertujuan untuk membantu pengembangan dan peningkatan mutu pelayanan dan pendidikan keperawatan serta untuk mempererat persatuan dan kesatuan seluruh perawat Inggris dan berusaha memperoleh pengakuan terhadap profesi keperawatan.
   b.      Di Indonesia
PPNI didirikan pada tanggal 17 Maret 1974 sebagai pembaharuan dan kelanjutan dari organisasi – organisasi tenaga keperawatan yang ada sebelumnnya.
Tujuan PPNI antara lain mantapnya persatuan dan kesatuan yang kokoh, kohesi antara tenaga keperawatan; meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dalam upaya kesehtan masyarakat, berkembangnya karisma dan prestasi kerja bagi tenaga keperawatan; meningkatnya hubungan kerja sama dengan organisasi lain.  (Deden Dermawan dan Sujono Riyadi, 2010)
 prinsip keperawatan meliputi beberapa pengertian : ( go to link
begitu juga dengan berberapa fugsi kode etik keperawatan serta tujuan kode etik keperawatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar