Sabtu, 04 April 2015

fungsi kode etik dan tujuan kode etik dalam keperawatan



FUNGSI DAN TUJUAN KODE ETIK 
KEPERAWATAN








 Fungsi Kode Etik Keperawatan
Kode etik perawat yang berlaku saat ini berfungsi sebagai landasan bagi status profesional dengan cara sebagai berikut:   
   1) Kode etik perawat menunjukkan kepada masyarakat bahwa perawat diharuskan memahami dan menerima kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan kepada perawat oleh masyarakat
                                             2) Kode etik menjadi pedoman bagi perawat untuk berperilaku dan menjalin hubungan keprofesian sebagai landasan dalam penerapan praktek etikal
                                                                3)  Kode etik perawat menetapkan hubungan-hubungan profesional yang harus dipatuhi yaitu hubungan perawat dengan pasien/klien sebagai advokator, perawat dengan tenaga profesional kesehatan lain sebagai teman sejawat, dengan profesi keperawatan sebagai seorang kontributor dan dengan masyarakat sebagai perwakilan dari asuhan kesehatan
                                                                           4)   Kode etik perawat memberikan sarana pengaturan diri sebagai profesi.

 Tujuan Kode Etik Keperawatan
1)      PPNI
Pada dasarnya, tujuan kode etik keperawatan adalah upaya agar perawat, dalam menjalankan setiap tugas dan fungsinya, dapat menghargai dan menghormati martabat manusia. Tujuan kode etik keperawatan tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Merupakan dasar dalam mengatur hubungan antar perawat, klien atau pasien, teman sebaya, masyarakat, dan unsur profesi, baik dalam profesi keperawatan maupun dengan profesi lain di luar profesi keperawatan.
b.      Merupakan standar untuk mengatasi masalah yang silakukan oleh praktisi keperawatan yang tidak mengindahkan dedikasi moral dalam pelaksanaan tugasnya.
c.       Untuk mempertahankan bila praktisi yang dalam menjalankan tugasnya diperlakukan secara tidak adil oleh institusi maupun masyarakat.
d.      Merupakan dasar dalam menyusun kurikulum pendidikan kepoerawatan agar dapat menghasilkan lulusan yang berorientasi pada sikap profesional keperawatan.
e.      Memberikan pemahaman kepada masyarakat pemakai / pengguna tenaga keperawatan akan pentingnya sikap profesional dalam melaksanakan tugas praktek keperawatan.
2)      ICN
Kode etik ICN adalah merupakan dasar dan pilar bagi kode etik keperawatan dan asosiasi perawat seluruh dunia. ICN bekerja dalam banyak area, terutama dalam memberikan panduan dalam praktik keperawatan profesional, perumusan regulasi, dan peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi pada berbagai negara di dunia, terutama yang berkaitan dengan standar keperawatan dan kebijakan dalam keperawatan dan kesehatan di manca Negara.
3)      ANA
3a.       Tujuan Etika Keperawatan Di Amerika
Menciptakan dan mempertahankan kepercayaan klien kepada perawat, kepercayaan diantara sesama perawat dan kepercayaan masyarakat kepada profesi keperawatan.

3b.      Menurut Amerika Ethics Commission Bureau on Teaching, tujuan etik profesi keperawatn adalah mampu :
a)      mengenal dan mengidentifikasi unsur moral dalam praktek kep.
b)  membentuk strategi/ cara dan menganalisis masalah moral yangterjadi dalam praktek keperawatan.
c)      menghubungkan praktek moral/ pelajaran yang baik dan dipertanggungjawabkan pada diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan kepada Tuhan, sesuai dengan kepercayaan.
3c.       Menurut Nasional League for Nursing (NLN) pusat pendidikan keperawatan milik perhimpunan perawat amerika, pendidikan etika keperawatan bertujuan:
a)      Meningkatkan pengertian peserta didik tentang hubungan antar profesi kesehatan lain dan mengerti tentang peran dan fungsi anggota tim.
b)  Mengembangkan potensi pengambilan keputusan yang bersifat moralitas, keputusan tentang baik dan buruk yang akan dipertanggungjawabkan kepada tuhan sesuai dengan kepercayaannya.
c)      Mengembangkan sifat pribadi dan sikap profesional peserta didik.
d)     Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk dasar praktik keperawatan profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar